Si Bodoh Ingin Kaya Raya

stupidAlkisah ….. Dahulu kala di jaman nabi Sulaiman, hiduplah seseorang dengan julukan “Si Bodoh” yang sangat miskin. Walaupun dia bodoh tapi justru dengan kebodohannya itu ia menjadi sangat tekenal di seluruh penjuru negeri.

Suatu hari ada satu keinginan dari si bodoh untuk menjadi orang yang kaya raya karena bosan dengan kemiskinannya, maka dengan niat teguh dia pun mencari tahu siapa orang yang bisa menjadikan dia menjadi kaya raya. Setelah beberapa lama dia pun mendapat kabar bahwa yang bisa mejadikan kaya itu adalah Nabi Sulaiman.

Akhirnya dengan persiapan seadanya, dia pun mulai melakukan perjalanan jauh untuk menemui Nabi Sulaiman. Baru sepertiga perjalanan, bertemulah dia dengan seekor singa besar. Saking bodohnya, Si Bodoh pun tidak kalau singa besar yang ada didepannya merupakan makhluk ganas.

“Hei Bodoh …. Mau kemana kamu !!!” Kata Singa sambil mengaum

(Gila … terkenal banget ya si bodoh ini, sampai singa aja tahu …)

“Ada apa bro? …. Saya mau ke Nabi Sulaiman neh” Jawab Si Bodoh

“Emang mau ngapain ?” Timpal Singa

“Pengen Kaya !!!” Teriak Si Bodoh dengan lantang

“Hmm … Kalau gitu, tolong sampaikan ke Nabi Sulaiman. Apa obatnya untuk Singa yang selalu kelaparan ? …. Dari pagi saya makan terus neh” Kata Si Singa.

“Okeh Bro !!!” Kata Si Bodoh sambil menggeloyor pergi

Si bodoh pun melanjutkan perjalanan hingga keesok harinya dia bertemu dengan ular Cobra yang besar.

“Hei Bodoh …. Mau kemana kamu !!!” Kata Cobra sambil mendesis keras

Jawaban serupa pun diucapkan si Bodoh seperti yang dikatakan kepada Si Singa tentang tujuan perjalanannya ke Nabi Sulaiman.

“Hmm … Kalau gitu, tolong tanyakan kepada Nabi Sulaiman, Apa obat nya untuk Cobra yang terlampau banyak makan ? … Perut saya sudah gendut begini, susah nafas bro” Kata Si Cobra.

“Okeh Bro !!!” Kata Si Bodoh sambil menggeloyor pergi lagi,

Singkat cerita … sampailah Si Bodoh di kerajaan Nabi Sulaiman, begitu terkenal nya Si Bodoh sampai-sampai Nabi Sulaiman langsung menyambutnya sendiri karena sebelumnya beliau sudah mendapatkan info akan datangnya Si Bodoh dari burung Hud-Hud.

“Assalamu’alaikum hai Bodoh … Ada apakah gerangan jauh-jauh datang kesini menemuiku ?’ Tanya Nabi Sulaiman

“Wa’alaikum salam Hai Nabi Allah, hamba mempunyai keiinginan untuk menjadi kaya raya. Tahukah anda caranya ?” Jawab Si Bodoh

“Selain itu ada hambamu yang lain menanyakan obat terhadap peyakit yang mereka derita selama ini”

dan Si Bodoh pun menceritakan pertanyaan dari Si Singa dan Si Cobra kepada Nabi Sulaiman

“Oh begitu … baiklah, ikuti saya” Jawab Nabi Sulaiman sambil membawa Si Bodoh ke salah satu gudang kekayaan nya yang berisi emas

Dibukanya pintu gerbang yang besar dan terlihatlah berton-ton emas yang tersusun rapi.

“Baiklah Bodoh … Silahkan anda ambil emas yang ada di gudang ini sebanyak yang kamu mau” Kata Nabi Sulaiman

“Hei Nabi Allah, saya datang kesini itu bukan untuk meminta emas tapi saya ingin menjadi kaya raya !!!” Jawab Si Bodoh

“Hmm … begitu ya ? … Baiklah, kita ke gudang intan dan permata saja” Jawab Nabi Sulaiman sambil pergi membuka pintu gudang berikutnya

“Nah Bodoh … Silahkan ambil intan dan permata sebanyak yang kamu mau” Titah Nabi  Sulaiman

“Nabi ini gimana sih … Saya kan sudah bilang tadi, Saya datang kesini ini bukan mau hartamu tapi saya ingin kaya raya !!!” Kata Si Bodoh sambil mendelik

“Dasar Bodoh !!!” Nabi Sulaiman bergumam dalam hati

“Sudah .. Begini saja, kalau kamu memang punya keinginan seperti itu …. kamu pulang saja !!!”

“Nanti kalau bertemu dengan Si Cobra … Colok tenggorokan Si Cobra itu dengan telunjukmu dengan keras kemudian apabila bertemu dengan Si Singa bilang kepadanya makan saja orang yang ada dihadapannya saat itu, agar sembuh dari penyakit yang mereka punya” Jawab Nabi Sulaiman.

“Baiklah … Wahai Nabi Allah, hamba pamit” Jawab Si Bodoh sambil undur diri

Si Bodoh pun pulang dengan berseri-seri, membayangkan saat dirinya pulang sudah menjadi kaya raya seperti yang diucapkan Nabi Sulaiman. Selang beberapa lama dia pun bertemu dengan si Cobra

“Hai Bodoh, gimana jawaban dari Nabi Sulaiman?” Tanya Si Cobra

“Buka mulutmu lebar-lebar!!!” Perintah Si Bodoh kepada Si Cobra

Sang Cobra pun menganga dengan lebar dan dengan keras Si Bodoh menusukan jarinya ke tenggorokan si Cobra, tentunya saja disodok dengan keras seperti itu Si Cobra mejadi muntah hingga keluarlah seluruh isi perutnya. Ternyata perut Si Cobra itu berisi berlian dan permata yang banyak (Pantes aja ngak bisa keluar-keluar dan jadi buncit).

“Wah … bener-bener neh obat dari Nabi Sulaiman tokcer banged … Hei Bodoh, sebagai balasan atas pertolonganmu .. tuh silahkan ambil berlian dan permata dari muntahan ku” Kata Si Cobra

“Hei Cobra … Saya itu ingin kaya raya bukan mau barang rongsokan seperti itu” Jawab Si Bodoh sambil berlalu

Berselang beberapa hari, Si Bodoh pun bertemu kembali dengan Si Singa.

Dan diceritakanlah oleh Si Bodoh kepada Si Singa obat dari penyakitnya itu. Serta merta dengan mengaum, Singa menerkam Si Bodoh dengan ganas dan memakannya hingga ludes.

 

What is the point from this story ? …. Think Again !!!

JoMulyo

 

Tinggalkan komentar